Tips Sehat & Cantik

Tips Sehat dan Cantik
Saturday, October 1, 2011
Memutihkan kulit secara alami

Kulit putih merupakan dambaan bagi setiap orang. Bukan hanya kaum hawa saja melainkan kaum adam juga menginginkan kulit putih yang sehat. Saat ini banyak produk kecantikan yang ber lomba-lomba untuk mengikat konsumennya dengan produknya. Untuk itu anda harus hati-hati dalam memilih kosmetik untuk kulit anda. Jika anda salah pilih bisa-bisa anda akan alergi dengan kosmetik yang anda gunakan.

Untuk lebih waspada, sebaiknya dalam memutihkan kulit anda gunakan bahan alami yang tidak mengandung unsur kimia. Hal ini supaya selain anda tidak alergi dengan produk kecantikan dan dengan bahan alami tidak merogoh kocek yang dalam.

Jeruk Nipis
Buah yang satu ini lebih dikenal sebagai penghilang bau amis, atau campuran penyedap makanan. Tapi sebenarnya air jeruk nipis ini juga banyak manfaatnya untuk kecantikan dan kesehatan. Air yang berasal dari daging buah ini dikenal sanggup membuat pori-pori mengecil dan menghilangkan kelebihan lemak pada jenis kulit berminyak.

Manfaat :
Untuk merapatkan pori-pori kulit. Ambil daging jeruk nipis, oleskan pada kulit wajah. Biasanya di sekitar hidung dan pipi yang pori-porinya terlihat besar. Untuk memutihkan dan menghaluskan kulit. Usapkan potongan jeruk nipis pada wajah dan kulit bagian tubuh lainnya.

Alpukat
Konon alpukat banyak sekali nianfaatnya terutama untuk kecantikan. Dengan ilmu pengetahuan, terbukti bahwa alpukat memang kaya vitamin, mineral dan minyak alami. Alpukat banyak mengandung vitamin A, C, dan E, zat besi, potasium, niasin, asam pantotenik serta protein yang tidak biasanya terdapat dalam buah. Semua zat ini berguna bagi keindahan dan kesehatan kulit.

Manfaat :
Sebagai pelembab. Ambil bagian dalam kulit alpukat, yang mengandung humektan, dan mampu menahan kelembaban kulit. Gosokkan secara lembut ke seputar wajah dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu basuhlah wajah menggunakan air dingin. Lakukan malam hari sebelum Anda tidur karena malam hari adalah waktu yang tepat bagi kulit untuk bekerja. Wajah yang terjaga kelembabannya membuat make- up bertahan lama sesudahnya.

Penggunaan Masker dan Lulur
Penggunaan masker merupakan salah satu upaya untuk mempercantik diri dengan perawatan menggunakan beberapa jenis tumbuhan seperti halnya sayuran. Masker dapat menegangkan dan melicinkan kulit. Penggunaan produk tumbuhan termasuk dalam pembuatan masker. Kulit yang masih remaja boleh menggunakan masker dari sayuran seperti ketimun, tomat, bengkuang, kentang, wortel.

Masker Bengkuang : Dapat memutihkan dan menghilangkan tanda hitam dan pigmentasi di kulit.
Masker Kentang : Dapat melembutkan dan memutihkan kulit.
Masker Tomat : Dapat menghaluskan dan melicinkan kulit.
Posted by tisca at 2:43 PM 38 comments Links to this post
Categories: buah-buahan, kulit
Wednesday, June 22, 2011
Mengurangi Kerutan pada Mata

Masalah di daerah seputar mata, seperti kerut-kerut tipis pada ujung luar mata, mengganggu penampilan. Kerutan pada mata membuat wajah terlihat tampak tua. Ini karena kulit di sekitar mata lebih tipis bila dibandingkan kulit wajah sebab kandungan elastin dan kolagen yang berperan melenturkan kulit lebih sedikit dibanding kulit wajah. Akibatnya muncul garis-garis atau kerut-kerut di seputar mata yang juga disebut sebagai tanda penuaan dini.

Kenapa berkerut?
• Kerut halus di bagian luar atau ujung mata disebabkan oleh dehidrasi, penunaan dini, dan penuaan biologis.
• Kerut di bagian dalam pinggir mata bisa diakibatkan paparan sinar matahari yang merusak jaringan kandungan elastin dan jaringan kolagen, serta juga bisa disebabkan oleh stres yang berkepanjangan, udara dingin yang kering, dan kurang tidur.

Perawatan
• Membersihkan
Gunakanlah selalu eye make up remover untuk menghilangkan kotoran dari sisa make-up di seputar mata.
• Menghaluskan
Jangan pernah lupa untuk selalu menggunakan krim mata pagi sebelum menggunakan tata rias dan malam sebelum tidur. Lakukan pemijatan yang lembut di seputar mata. Krim mata mengandung vitamin A, vitamin E, dan asam glukolat yang sangat baik untuk mengurangi kerut-kerut di sekitar mata, selain juga mampu mendinginkan dan menghaluskan kulit di sekitar mata.
• Melembabkan
Gunakan masker mata untuk melembabkan kulit di sekitar mata. Selain itu, masker juga melindungi mata dari sinar matahari dan mengurangi pembengkakan (kantong di bawah mata). Di dalam masker mata terdapat zat aktif yang mampu memperbarui sel-sel yang rusak di seputar mata sehingga proses pengerutan bisa diperlambat.

Sumber: kompas.com
Posted by tisca at 8:58 AM 16 comments Links to this post
Categories: perawatan, tips kecantikan
Sunday, March 27, 2011
Cara Alami Menumbuhkan Rambut Lebih Cepat

Bertambahnya umur, bukan hanya kondisi kesehatan yang dapat menurun, kondisi kekuatan rambut pun kerap menurun. Rontok merupakan salah satu masalah rambut yang paling umum. Agar rambut tetap kuat dan bisa tumbuh secara sempurna, gunakan bahan alami berikut ini, seperti dikutip dari Beauty Hill.

Ginkgo biloba
Tanaman yang berasal dari Cina ini terkenal untuk mengobati beberapa penyakit, salah satunya adalah untuk mengatasi kerontokan rambut. Pengobatan alternatif ini berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut dan menguatkan batang rambut.

Cara perawatan menggunakan ginkgo biloba adalah dengan mengoleskan minyak ginkgo biloba pada rambut dan kulit kepala. Minyak ginkgo biloba bisa didapatkan di apotik atau di toko obat cina.

Kulit apel
Kulit apel memiliki beberapa vitamin dasar yang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Selain itu dapat menumbuhkan rambut secara sempurna.

Buah yang kaya polifenol ini dapat memerangi masalah rambut rontok. Kulit apel dapat menjadikan rambut lebih sehat dan bernutrisi. Haluskan kulit apel, lalu terapkan pada rambut, diamkan selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

Teh hijau
Teh hijau sangat baik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh hijau membuat sirkulasi darah ke rambut menjadi lebih baik. Selain itu, teh hijau juga berfungsi untuk membuat pertumbuhan rambut lebih cepat dan sehat.

Cara perawatannya adalah dengan menyeduhkan teh hijau, lalu balurkan pada kulit kepala dan seluruh rambut. Lalu bungkus rambut menggunakan handuk, tunggu hingga 20 menit, lalu bilas sampai bersih.

Sumber : Citydirectory.co.id
Posted by tisca at 11:47 AM 13 comments Links to this post
Categories: buah-buahan, perawatan, rambut
Tuesday, March 15, 2011
Rahasia-rahasia Kecil Kecantikan Para Ahli Kulit

Ahli kulit tentu mengetahui banyak hal mengenai kecantikan kulit. Apa saja rahasia kecil yang mereka lakukan untuk menjaga kulitnya tetap sehat dan cantik?
• Olahraga
Olahraga dan gaya hidup aktif adalah rahasia Gary Goldfaden, MD, dermatolog yang berbasis di Miami. Pada dasarnya, olahraga membantu aliran darah ke seluruh tubuh, sekaligus mendistribusikan nutrisi ke kulit.
• Relaks
Tentu Anda sudah tahu, mengernyitkan dahi, menegangkan wajah atau otot leher bisa membuat garis kerut semakin terlihat dan dalam. Saat Anda berolahraga atau sedang serius bekerja, pastikan otot pada wajah dan leher Anda tetap tenang dan santai, saran Frederic Brandt, MD, dari Miami dan New York.
• Hindari rokok
Tentu kita semua ketahui, rokok tidak baik untuk tubuh begitu pun pada kulit. Rokok juga mengganggu aliran oksigen ke kulit, hasilnya, garis-garis halus pada wajah akan makin mendalam dan membuat kulit tidak berseri cantik. Saran Paul M. Friedman, MD, dari Houston, hindari rokok.
• Lokasi duduk
Mungkin terdengarnya seru duduk dekat jendela saat naik pesawat terbang, tetapi, dr Brandt mengingatkan, saat naik pesawat terbang, dan duduk dekat jendela, kulit kita terkena paparan sinar UV lebih besar dari biasanya. Jadi, akan lebih baik untuk memilih tempat duduk jauh dari jendela.
• Tahan diri
Tahan diri Anda untuk tidak menggaruk wajah atau mengorek wajah dengan kuku tangan, karena hal ini bisa mengakibatkan iritasi serta meninggalkan bekas luka, begitu saran Heidi Waldorf, dari New York.
• Tidur cukup
Setiap malam, kita butuh tidur yang nyenyak untuk mengoptimalkan sekresi hormon pertumbuhan, yang mendorong perubahan sel tubuh serta produksi kolagen. Jadi, pastikan Anda tidur cukup setiap malam, setidaknya sebelum pukul 11 malam, ujar dr Brandt.
• Awasi sinar matahari
Sinar matahari memiliki efek sangat buruk bagi kulit, karena itu, Kathy Fields, dari San Fransisco menganjurkan untuk menghindari sinar matahari secara langsung, khususnya antaral pukul 10.00-16.00.
• Perhatikan makanan
Garam dan gula akan menempel pada kolagen yang bisa merusak lebih cepat. Sebaiknya pilih makanan sehat yang kaya akan serat, ujar dr Goldfaden.

Sumber: kompas.com
Posted by tisca at 7:25 AM 6 comments Links to this post
Categories: awet muda, cantik, perawatan, sehat, tips, tips kecantikan
Thursday, January 27, 2011
Tips Menggunakan Parfum

Setiap orang umumnya menyukai aroma yang harum. Itulah sebabnya, sebelum pergi ke kantor atau ke pesta, menggunakan parfum mungkin menjadi hal yang wajib bagi Anda. Dengan tubuh yang harum, akan meningkatkan rasa nyaman dan percaya diri dari si pemakai. Terlebih lagi bila akan menemui orang yang penting, tentu Anda tidak mau meninggalkan kesan yang buruk dengan bau badan yang tidak enak. Tetapi, harga parfum yang tidak murah membuat kita harus dapat memaksimalkan penggunaan parfum agar kebutuhan akan parfum ini tidak menguras kantong. Maka, apa yang perlu diperhatikan ketika menggunakannya?

Ketika akan menggunakan parfum, Anda dapat memperhatikan hal-hal berikut:
• Sesuaikan dengan body lotion

Setelah mandi, mungkin Anda terbiasa menggunakan body lotion. Bila akan memakai parfum, sesuaikan wangi dari body lotion agar sesuai agar wanginya tidak saling “bertabrakan”. Selain itu, sebaiknya menggunakan body lotion terlebih dahulu sebelum menyemprotkan parfum karena body lotion dapat mengurangi aroma harum dari parfum
• Semprotkan parfum pada kulit

Sebaiknya, parfum tidak disemprotkan pada pakaian. Pada jenis parfum tertentu, bila menyemprotkan pada pakaian dapat menimbulkan noda, meninggalkan tanda seperti terkena tetesan air dalam waktu yang lama.
• Semprotkan parfum pada bagian tubuh yang tepat

Bagian tubuh yang sebaiknya disemprotkan parfum adalah pergelangan tangan bagian dalam, siku lengan bagian dalam, belakang telinga, dada dan leher. Menggunakan parfum di tempat-tempat tersebut membuat harum dari parfum tahan lebih lama.
• Jangan menggosokkan kulit selesai menyemprot parfum

Kebiasaaan sebagian orang adalah menggunakan parfum pada pergelangan tangan bagian dalam lalu menggosok-gosokkan kedua pergelangan tangan. Cara ini sebenarnya akan menghilangkan aroma dari parfum. Jadi, biarkan parfum mengering dengan sendirinya.
• Jangan menggunakan aksesoris atau perhiasan sebelum menggunakan parfum

Bila terkena semprotan parfum, dapat membuat aksesoris atau perhiasan yang Anda kenakan menjadi berubah warna. Hasilnya aksesoris Anda tidak lagi terlihat menarik.
• Gunakan parfum sewajarnya

Menggunakan parfum secara berlebihan dapat membuat orang yang tidak suka menjadi pusing. Penggunaan parfum dapat disesuaikan dengan jenis kulit. Untuk Anda yang berkulit kering membutuhkan semprotan parfum lebih banyak. Sedangkan bila kulit Anda berminyak, cukup semprotkan parfum sedikit saja
• Simpan parfum di tempat yang tepat

Harga parfum tidaklah murah sehingga tentu akan disayangkan bila parfum Anda menguap karena tidak ditutup dengan benar. Jadi, pastikan parfum Anda tertutup dengan rapat. Simpan parfum di tempat yang kering dan sejuk serta terhindar dari sinar matahari. Perlu diketahui bahwa dalam jangka waktu lama aroma parfum dapat berubah. Maka sesuaikan ukuran isi parfum dengan kebutuhan Anda, agar parfum tidak tersimpan terlalu lama dan mengubah aroma menjadi tidak lagi harum.

Menggunakan parfum dengan baik, tentu akan meningkatkan rasa percaya diri. Selain menikmati harum parfum untuk diri sendiri, orang-orang di sekitar Anda juga dapat menikmati keharumannya juga dan mereka akan senang saat dekat dengan Anda. Dengan menggunakan parfum secara tepat juga menyimpannya secara benar, Anda dapat menghemat penggunaan parfum Anda.
Posted by tisca at 2:17 PM

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s