Cara Memilih Make Up Yang Baik


Finroll.com – Hasil make-up yang bagus harus didukung oleh peralatan make-up yang baik pula. Produk make-up berkualitas merupakan syarat mutlak untuk mendapatkan hasil make-up sempurna yang tidak akan membuat kulit wajah menjadi iritasi, terutama untuk produk-produk make-up base ( dasar make-up ) seperti foundation, bedak dan concealer.

Make-up base ini merupakan fondasi utama yang dapat memberikan hasil make-up yang lebih halus dan rata sekaligus menjaga make-up agar lebih tahan lama sepanjang hari. Produk paling dasar yang harus dimiliki adalah foundation ( alas bedak ).

Alas bedak akan membuat tampilan kulit wajah menjadi lebih halus, menutup noda dengan baik sekaligus menjaga make-up keseluruhan agar tidak mudah luntur terkena keringat. Foundation bagus dan berkualitas tidak harus selalu mahal, yang penting brand yang dipakai adalah brand yang sudah terpercaya.

Memilih foundation juga harus disesuaikan dengan jenis dan warna kulit agar make-up tidak belang dan juga tidak menimbulkan masalah kulit seperti jerawat atau kulit bersisik setelah pemakaian.

Berikut adalah panduan memilih foundation yang tepat.

MEMILIH WARNA FOUDATION

Memilih warna foundation yang sesuai dengan warna kulit wajah merupakan problem yang paling sering ditemui oleh banyak wanita. Foundation yang warnanya terlalu terang akan membuat hasil riasan tampak seperti topeng sedangkan foundation yang warnanya terlalu gelap akan membuat hasil riasan terlihat kusam dan dekil.

Jangan mengenakan produk make-up apa pun pada saat akan membeli foundation agar warna kulitmu yang sebenarnya bisa terlihat jelas dan foundation yang kamu beli benar-benar bisa disesuaikan dengan warna kulitmu.

Warna foundation yang cocok untuk kulitmu adalah yang warnanya membaur dengan baik pada kulit atau mendekati warna kulitmu. Foundation yang ada di pasaran biasanya memiliki warna cenderung pink atau kekuningan.

Kulit wajah pun terbagi ke dalam dua kategori, yaitu cool dan warm undertone. Kulit putih dan yang cenderung berwarna pink merupakan kategori cool undertone sedangkan kulit yang berwarna gelap, tanned, kekuningan dan berwarna olive termasuk ke dalam kategori warm undertone. Pada saat berada di counter kosmetik, pilih tiga warna foundation secara bersamaan, yaitu yang sewarna dengan warna kulit, lebih terang dan lebih gelap dari warna kulit.

Aplikasikan foundation yang kamu coba langsung pada kulit wajah dan lehermu. Jangan pernah mencobanya di punggung tangan karena warna punggung tanganmu berbeda dengan warna kulit wajahmu.

Kemudian berdirilah di dekat jendela kaca dan lihat, warna foundation mana yang paling membaur dan mendekati warna kulit aslimu. Terkadang lampu-lampu yang ada di counter kosmetik menyamarkan warna asli dari warna foundation sehingga kamu harus melihatnya dari jendela kaca. Jika kamu belum menemukan warna foundation yang tepat, kamu bisa membeli dua warna foundation yang berbeda, yaitu satu tingkat lebih terang dan satu tingkat lebih gelap dari warna kulit.

Campur kedua warna ini pada saat kamu mulai bermake- up hingga kamu mendapatkan warna yang sesuai dengan warna kulitmu.

FOUNDATION SESUAI JENIS KULIT

Foundation juga harus disesuaikan dengan jenis kulit wajahmu. Normal, kering, berminyak atau kombinasi. Pemilihan foundation yang tidak tepat akan menyebabkan kulit menjadi iritasi bahkan menimbulkan masalah kulit seperti jerawat, komedo atau kulit bersisik. Berikut adalah jenis-jenis foundation yang bisa disesuaikan dengan jenis kulitmu :

a. Liquid Foundation
Foundation berbentuk cair yang cocok digunakan untuk segala jenis kulit. Formulanya yang ringan dapat langsung menyerap dan membaur dengan baik pada kulit. Foundation memiliki medium-full coverage sehingga dapat menutupi noda dengan baik. Aplikasikan foundation tipis-tipis pada titik-titik tertentu pada wajah seperti dahi, pipi, hidung, dan dagu kemudian ratakan dengan sponge atau kuas khusus foundation untuk hasil yang lebih rata dan natural.

b. Crème Foundation
Foundation berbentuk krim yang cocok untuk kulit kering. Formulanya yang melembabkan dapat menghasilkan tampilan kulit yang sehat. Aplikasikan dengan menggunakan sponge khusus foundation yang sedikit dibasahi dengan air untuk menghindari efek cakey. Foundation jenis ini memiliki full coverage yang dapat menutupi noda pada wajah dengan sempurna. Formulanya cukup berat untuk kulit, sehingga proses membersihkannya pun membutuhkan usaha ektra.

c.Stick Foundation
Foundation berbentuk stick ini cocok untuk kulit normal, berminyak dan kombinasi. Pemakaiannya pun sangat praktis. Oleskan foundation stick tipis-tipis pada wajah, kemudian ratakan dengan sponge khusus foundation. Stick foundation memiliki medium-full coverage dan dapat digunakan sebagai concealer karena dapat menutup noda dengan baik.

d.Mineral foundation
Foundation berbentuk bubuk yang mengandung partikel mineral yang menyehatkan kulit. Formulanya sangat ringan. Cocok digunakan untuk kulit berminyak dan dapat memberikan efek sehat dan berkilau pada wajah. Aplikasikan dengan menggunakan kabuki brush agar lebih halus dan rata.(centro)

Sumber : http://www.finroll.com/baca/2040/Cara-Memilih-Make-Up-Yang-Baik

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s